Sejarah LIft

Label: ,

Sang penemu lift ini bernama Elisha Graves Otis.
Elisha Graves Otis lahir pada tanggal 3 Agustus 1811, di dekat Halifax, Vermont, Amerika Serikat.  
Ayahnya, Stephen Otis jr. , bekerja sebagai hakim perdamaian dan legislator negara.

Sejak kecil, Otis memang tertarik dengan mesin-mesin berat. Minat itu berlanjut hingga dewasa. Otis menempuh pendidikan dasar di kota kelahirannya dan pindah ke Troy, New York pada usia 19 tahun.

Pekerjaan yang ditekuni Otis tidak jauh-jauh dari besi, mesin dan bengkel. Otis mendapatkan semua keahliannya itu dari mengamati dan belajar sendiri. 
Pada usia 27 tahun Otis membuat gerbong kereta api dan kereta kuda di Vermont. Kemudian Otis bekerja sebagai operator toko mesin serta mendapat kepercayaan memimpin para montir di Albany, New York,ketika Otis berumur 34 tahun.  
Pada tahun 1852 Otis mendapat tugas untuk mengawasi pembangunan pabrik di Yonkers, New York. Ketika itu Otis melihat benda-benda berat serta para pekerja diangkat ke atas menggunakan katrol. Melihat hal tersebut maka timbullah pemikiran bahwa akan sangat berbahaya jika tali katrol yang digunakan putus. Setelah melalui serangkaian percobaan maka beberapa bulan kemudian Otis menemukan alat pengaman lift. Barulah setelah itu pada tahun 1953, Otis merancang seluruh bagian lift.

Tahun 1854, lift aman pertama buatan Otis diperkenalkan di Crystal Palace New York. Ketika itu Otis menguji lift buatannya dengan menaiki sendiri lift tersebut beserta benda-benda berat lainnya. Kemudian lift tersebut ditarik ke atas dan pada ketinggian 30 meter Otis menyuruh untuk memutuskan semua tali penarik lift. Otis membuat banyak orang terkagum-kagum karena ternyata setelah tali diputus, lift tidak langsung jatuh dengan cepat melainkan bergerak turun dengan perlahan.

Lift buatan Otis pertama kali di pasang di Pusat Perbelanjaan Houghwout, New York pada tahun 1857. Lift yang dipasang Otis di gedung bertingkat lima itu menggunakan tenaga uap dan hanya membutuhkan waktu satu menit untuk mencapai lantai teratas. Pada tahun 1861 Otis mendapatkan paten untuk lift temuannya tersebut dan mendirikan pabrik lift pertama di dunia.

Pada tahun itu pula Otis meninggal dunia sehingga usahanya itu kemudian diteruskan oleh kedua anaknya, Charles dan Norton. Pada tahun 1867 kedua anak Otis mendirikan Otis Brother & Co dan sejak saat itu lift mulai banyak digunakan di gedung-gedung bertingkat. Kini, lift buatan Otis sudah tersebar ke seluruh dunia dan tidak lagi digerakkan menggunakan tenaga uap, melainkan tenaga listrik.

0 komentar:

Poskan Komentar