Situs jejaring yg sering kita gunakan

Label:

Banyak sekali sekarang situs jejaring yang udah familiar di telinga kita, dan tidak sedikit yang sudah mempunyai acount pada beberapa situs jejaring tersebut. antara lain Facebook, Friendster, Myspace, twitter dan masih banyak lagi. Berikut sedikit penjelasan tentang situs jejaring tersebut :


Facebook
Tipe Perusahaan swasta
Didirikan Cambridge, Massachusetts
(4 Februari 2004)
Letak Palo Alto, California
Tokoh penting * Pendiri, CEO dan Presiden: Mark Zuckerberg
* Pendiri dan Wakil Presiden Teknis: Dustin Moskovitz
* COO: Owen Van Natta
* Wakil Presiden Strategi dan Operasi Bisnis: Matt Cohler
* Pendiri: Chris Hughes
Industri Internet
Pendapatan 300 juta USD[1] (perkiraan 2008)
Karyawan 700 (November 2008)
Situs www.facebook.com

Facebook atau disingkat FB adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang Mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School.

Pada awal masa berdirinya situs web jejaring sosial ini, keanggotaannya masih dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.

Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook.[2] Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah, tempat kerja, atau wilayah geografis.

Hingga Juli 2007, facebook memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia.[3] Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi,[4] dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.[5][6]

Fitur hiburan dalam Facebook disebut aplikasi. Contohnya antara lain permainan video, kuis, dan lain sebagainya.

Friendster

URL www.friendster.com
Komersial? Ya
Tipe situs Situs jejaring sosial
Pendaftaran? Diperlukan
Bahasa: Inggris
Indonesia
Tagalog
Melayu Malaysia
Vietnam
Thai
Mandarin
Korea
Jepang
Spanyol
Pemilik Friendster Inc.
Pencipta Tim Friendster
Diluncurkan 22 Maret 2002
Status Aktif

Friendster, yang ide penamaannya berasal dari nama Napster, adalah sebuah situs web jejaring sosial yang memberikan fasilitas untuk membuat profil dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan akun di Friendster. Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain melihat teman kita sendiri.

Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta test. Sejak awal 2005, Friendster juga telah memulai fitur blog.

Saat ini Friendster telah menginternasionalisasi bahasanya yang semula hanya bahasa Inggris, saat ini telah tersedia bahasa Indonesia, bahasa Tionghoa, bahasa Spanyol, bahasa Korea, bahasa Jepang, bahasa Vietnam, bahasa Malaysia.

Sejak Desember 2009 MOL Malaysia telah membeli Friendster seharga AS$ 100 juta.

Situs ini merupakan situs jejaring sosial pertama di internet yang memiliki basis awal di negara-negara berbahasa Inggris, lalu menyebar hingga ke Asia. Posisinya di Amerika Serikat dan tidak lama kemudian digantikan dengan MySpace dan kemudian Facebook dan LinkedIn, namun situs ini masih memiliki basis massa di Asia.

MySpace
URL www.myspace.com
Komersial? Ya
Tipe situs Layanan jaringan sosial
Pendaftaran? Dibutuhkan untuk berbagai fasilitas
Bahasa: Multibahasa (semula hanya berbahasa Inggris)
Pemilik News Corporation
Pencipta Thomas Anderson
Christopher DeWolfe
Diluncurkan 2003
Status Aktif

MySpace adalah situs web jejaring sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik, dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. MySpace adalah tempat untuk mempromosikan band baru. Markas situs ini terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat.

Twitter
 Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Twitter
URL Twitter.com
Komersial? Ya
Tipe situs Mikroblog
Pendaftaran? Diperlukan
Pemilik Twitter, Inc.
Pencipta Obvious, LLC[1]
Diluncurkan 13 Juli 2006

Twitter adalah sebuah situs mikroblog dan situs web jejaring sosial yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan “pembaharuan” berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp. Kata twitter secara harfiah berarti ‘berkicau’.Situs ini mempunyai konsep blog mikro dalam penggunaannya.Di Indonesia situs jejaring sosial ini mempunyai pengguna aktif yang cukup banyak.

Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara atau menggabungkan dengan layanan lainnya. Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter

Beberapa istilah yang dipergunakan di Twitter:
*Tweet – sesuatu yang ditulis di status Twitter
*@ – penanda yang ditulis didepan nama pengguna lain agar tweet yang dimasukkan diterima oleh pengguna tersebut
*Reply – balasan
*Following – pengguna lain yang tweet nya akan selalu diterima
*Follower – pengguna lain yang akan selalu menerima tweet
*ReTweet (RT)
*Direct Messages – pesan personal
*Favorites – menyimpan tweet tertentu yang diinginkan
*Hash Tags (#) – penanda yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga
*Trending Topics – topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan
*OverHeard (OH) – penulisan tweet milik orang lain pada status tanpa ingin mencantumkan siapa yang menuliskannya, OH ditulis di *depan tweet yang ingin dimasukkan
*HeardTrough (HT) – penulisan tweet berdasarkan sesuatu yang didengar dalam kehidupan nyata, HT ditulis di depan tweet yang *ingin dimasukkan di sana

Plurk
Cuplikan gambar garis waktu Plurk
URL Plurk.com
Komersial? Ya
Tipe situs Mikroblog
Pendaftaran? Perlu
Bahasa: Multilingual
Pemilik Plurk, Inc.
Pencipta The A-team
Diluncurkan 12 Mei 2008]

Plurk adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog gratis yang mengizinkan pengguna mengirim pembaruan (dikenal sebagai suatu plurk) melalui antarmuka web, pesan singkat, atau cara lain, dengan panjang maksimum 140 karakter. Pembaruan ini akan ditampilkan pada halaman web pengguna menggunakan garis waktu yang menampilkan semua pembaruan yang diterima dengan urutan kronologis, dan selanjutnya disampaikan ke pengguna lain yang masuk. Pengguna dapat menanggapi pembaruan pengguna lain dari garis waktu mereka melalui situs web Plurk.com, pengirim pesan instan, atau pesan singkat.
[sunting]
Arti kata

Penamaan kata Plurk dalam layanan ini didefinisikan sebagai:

Kata Benda. plurk (plüer-kh) – adalah website nyaman yang memperbolehkan anda untuk menunjukkan peristiwa yang membuat hidup anda bagaikan daging yang enak dan gampang untuk dicerna. Rendah lemak, 5 kalori pada setiap pelayanannya, mempunyai manfaat yang banyak.[rujukan?]

Kata Kerja. plurk (plüer-kh) – Untuk mencatat segala peristiwa yang anda lakukan, kumpulan tindakan, buku cerita, pesona hidup.[rujukan?]

Plurk dirancang untuk untuk menyajikan aktivitas penggunanya berdasarkan jam dan waktu (timeline), sehingga setiap penggunanya dapat menceritakan kegiatan yang sedang dilakukan agar bisa diketahui oleh orang yang lain.

Salah satu kelebihan dari Plurk ini adalah kemampuannya untuk menyajikan aktivitas penggunanya berdasarkan jam dan waktu (timeline), sehingga setiap penggunanya dapat menceritakan kegiatan yang sedang ia lakukan saat itu. Pengguna juga dapat melihat aktivitas orang lain berdasarkan timeline tersebut. Setiap pengguna dapat memberikan tanggapan atas postingan dari Plurker lainnya. Dalam komunitas Plurk dikenal sebuah status yang disebut “karma”, yaitu suatu penilaian tertentu terhadap aktivitas anggotanya. Semakin tinggi poin karma seorang pengguna, maka semakin banyak pula fasilitas yang akan ia diperoleh. Sistem inilah yang mendorong para Pluker untuk terus aktif di Plurk.

Dalam Plurk, karma seorang pengguna akan naik berdasarkan pada:
Jumlah postingan ke Plurk.
Jumlah tanggapan diberikan terhadap pengguna Plurk lainnya.
Jumlah teman di ajak bergabung dengan Plurk
Jumlah pengguna yang mengajak pengguna menjadi teman.

Konsep lain yang menarik dari Plurk ini adalah penggunaan teknologi AJAX dalam membuat websitenya. AJAX adalah singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML. Sebuah AJAX terdiri atas dua komponen utama, yaitu Javascript dan XML. Perpaduan teknologi diatas dapat meningkatkan kinerja aplikasi web yang lebih responsif terhadap aksi pengguna. Dengan AJAX pertukaran data antara klien dan server lebih ringan karena hanya data yang dipertukarkan, bukan halaman website secara keseluruhan sehingga aplikasi web dapat berjalan lebih cepat. Kelebihan utama dari AJAX ini adalah mampu membuat permintaan kepada Server tanpa memuat kembali (reload) halaman.

Selain konsep diatas, Plurk juga menyediakan jaringan pertemanan atau social networking, sehingga melalui Plurk, pengguna dapat mencari dan mengajak pengguna lain menjadi temannya ataupun sebaliknya.

Jika dalam konsep blog yang umum, pengguna dapat memposting artikel dalam kalimat-kalimat yang panjang yang membutuhkan waktu untuk membuatnya, maka dengan Plurk, aspirasi, uneg-uneg, atau apapun kondisi emosi dari pengguna bisa ia tampilkan saat itu dalam bentuk beberapa kata. Proses pengiriman datanya begitu cepat dan akan begitu cepat direspon dari Plurker lainnya.

Untuk saat ini Plurk sudah mendukung bahasa Indonesia, sehingga memudahkan bagi para pengguna berbahasa Indonesia untuk menggunakan layanan Plurk.

Selain beberapa web d atas masih ada lagi yang mulai beranjak meningkat ke atas namun kurang begitu populer, seperti fromspring.

Di Indonesia sendiri ada beberapa situs jejaring yang sudah d buat dan mempunyai lumayan banyak USER seperti KLface (coba buka dari kapanlagi.com) dan bergaul.com.

semakin banyak situs jejaring, semakin memudahkan kita mendapat teman, kerabat maupun relasi kita tanpa harus kemana mana, namun masih ada oknum2 yang tidak bertanggung jawab dan memanfaatkan situs jejaring tersebut untuk hal yang kurang baik dengan membuat account palsu.

0 komentar:

Poskan Komentar