Ambisi Saingi iPad, Microsoft Dekati Samsung

Label:

Microsoft dikabarkan akan memasang sistem operasi Windows 8 di tablet produksi Samsung.

Microsoft dikabarkan sedang mempersiapkan komputer tablet dan sudah menandatangani kesepakatan dengan perusahaan Korea Selatan yang memproduksi tablet Galaxy Tab, Samsung. Menurut Korea Economic Daily, kolaborasi Microsoft-Samsung akan diumumkan di konferensi yang diadakan Microsoft di California, Amerika Serikat, pekan depan.

Mengutip seorang sumber dari perusahaan pembuat komponen smartphone, media itu mengatakan komputer tablet produksi Samsung akan menggunakan sistem operasi Windows 8.

"Produk baru buatan Samsung ini akan menjadi kolaborasi perdana yang menggunakan Microsoft dalam perangkatnya," kata sumber itu. Namun hingga saat ini baik Microsoft dan Samsung belum mengklarifikasi secara resmi kabar ini.

Sebelumnya, Microsoft sudah meluncurkan Windows 8. Menurut laman The Telegraph, sebuah dokumen yang bocor bahkan menyatakan Windows 8 disarankan meluncurkan juga versi tablet.

Strategi Microsoft ini berbeda dengan yang dilakukan Apple. Saat ini Apple memang menggunakan sistem operasi iOS untuk tablet dan smartphone. Sedangkan untuk perangkat desktop, Apple menggunakan sistem operasi OSX.

Microsoft disebut sudah lama berusaha menyaingi dominasi Apple, yang dengan produk iPad berhasil merajai pasar tablet. Saat ini, tablet berbasis Android pun belum bisa meladeni kedigdayaan iPad.

Saat ini, Samsung dikenal sebagai salah satu produk yang sukses karena menggunakan sistem operasi Android. Namun, Samsung mengalami kendala dalam menyaingi Apple karena kalah dalam sejumlah perkara hukum yang diajukan Apple di pengadilan.

Apple menuduh Samsung meniru iPhone dan iPad di sejumlah tipe Galaxy yang mereka kembangkan. Buntutnya, pengadilan di Jerman dan Belanda melarang peredaran Galaxy S dan Galaxy Tab di beberapa negara Eropa.

Saat ini memang belum diketahui, apakah Samsung akan mengeluarkan varian tablet selain Galaxy Tab, yang akan menggunakan sistem operasi Windows 8. Namun, aliasi Samsung-Microsoft ini tentu perlu diperhitungkan Apple, jika masih ingin menguasai pasar tablet. (eh)

0 komentar:

Poskan Komentar