Mengapa Anda Masih Lapar Walaupun Sudah Makan Banyak

Label: ,


Apakah anda tetap merasa lapar dan selalu lapar setelah makan? Ini adalah masalah umum yang sering dialami banyak orang, khususnya bagi mereka yang mencoba untuk menurunkan berat badan. Berikut ini 5 alasan mengapa kita masih lapar setelah makan.
 
  1. Anda Mungkin Makan Terlalu Cepat. Jika Anda selalu lapar setelah makan, mungkin saja anda makan begitu cepat sehingga anda tidak memberi waktu pada hormon perasaan kenyang untuk berkerja, biasanya hormon ini bekerja sekitar dua puluh menit. Satu studi menunjukkan bahwa pria yang makan es krim dengan cepat tidak memiliki rasa kenyang yang sama dibandingkan orang-orang yang makan es krim lebih lambat. Karena itu nikmatilah makanan anda, dan jangan terlalu cepat makan.
  1. Anda Mungkin Tidak Makan Cukup Protein dan Serat Pada Makanan Anda. Anda tetap merasa lapar setelah makan, mungkin saja karena anda tidak makan cukup protein dan serat pada makanan anda. Protein dan serat makanan yang tinggi, menyebabkan produksi hormon yang lebih besar untuk menekan nafsu makan. Dengan tambahan sedikit lemak (tak jenuh) dapat membantu menekan nafsu makan. Lemak menyebabkan sekresi CCK oleh usus yang merupakan penekan nafsu makan yang kuat. 
  2. Anda Mungkin Tidak Sarapan Pagi. Sarapan Pagi adalah hal yang paling penting. Jika anda tidak sarapan, Anda pasti makan lagi nantinya, dan merasa lapar sesudah makan. Mulailah hari dengan sarapan serat tinggi dengan sumber protein yang baik,seperti oatmeal dan telur. 
  3. Anda Mungkin Makan Terlalu Sedikit. Jika Anda selalu lapar setelah makan, cobalah makan lebih banyak makanan, seperti sup dengan kaldu, daun salad, dan sayuran yang memiliki kandungan air yang tinggi. Makanan tersebut adalah makanan rendah kalori, tetapi sangat mengisi dan menimbulkan efek kenyang. Meminum secangkir teh hijau sehabis makan, membantu untuk memuaskan nafsu makan pada orang banyak.
  4. Anda Mungkin Memiliki Masalah Medis. Beberapa masalah medis seperti kelejar tiroid yang terlalu aktif, diabetes, kehamilan dan beberapa jenis obat tertentu, khususnya steroid oral, akan menyebabkan Anda merasa lapar, bahkan setelah makan.
Merasa lapar setelah makan biasanya berhubungan dengan pola makan dan kebiasaan makan. Hal ini juga dapat terjadi karena stres atau bahkan kebosanan. Cobalah untuk mengontrol kebiasaan makan anda.

0 komentar:

Poskan Komentar