Sejarah Breakdance

Label:

Sebuah kesalah pahaman presepsi terbesar tentang penari breakdance atau b-boy oleh warga dunia ini, adalah bahwa mereka menari dengan tarian yang bersiat spontan. Mereka tak tau apa yang mereka kerjakan.mereka hanya gila-gilaan.
Breakdance ada tarian yang diakui, seperti juga tarian lainnya.

Tarian ini mempunyai sejarah panjang,dan berbagai tokoh didalamnya yang tak dikenal banyak orang. Jika diliat dari sisi sosial ekonomi New York pada akhir 1960an dan awal 1970an,bisa di bayangkan bagaimana hal sepertti Hip-Hop tak dapat berkembang karna pada saat itu tak ada satu pun energi dari kaula muda dan unsur mengekspresikan dirinya.

Hip-Hop bukan Rap. Hip-Hop adalah budaya yang terdiri dari 4 unsur,
-Tarian (b-boy, b-girl),
-MC
-DJ,
-Grafity
Keempat hal inilah yang menjadikan suatu pilihan bagi setiap orang untuk mengekspresikan dirinya. Itu adalah bentuk Hip-Hop yang murni.

Dalam Hip-Hop, peraturan dibuat secara spontan kita dapat menamai suatu gerakan yang kita dapat lakukan dengan sesuka kita. Hal ini memberi mreka semangat dan membuat mereka mau menjadi bagian darinya. Kata BBOY berasal dari istilah “Beat Boy”. Karna kita menari sesuai dengan irama hentakan sebuah lagu. Dalam gerakan tarian ini sama dengan gerakan perkelahian, tanpa menyentuh orang lain atau lawan, tapi ketegangan sama seprti perang antar kelompok. Mengadu gerakan adalah suatu inti dari b-boy. Itu intinya,dan bukan yang lain.

Ada pun Pengaruh lain dalam tarian ini adalah kungfu, senam, musik James Brown dengan gerakan uniknya. Semua dicampur untuk membuat suatu tarian yang khas dari bboy. Banyak penari yang mempunyai gaya tersendiri mereka tidak boleh mengubah atau menggunakan gerakan lain.
Menari breakdance adalah gabungan hal unik, layaknya tarian terhebat. Karna kau dapat mengambil ide dari manapun, tapi kau harus menambah ciri khas b-boy didalamnya. Diakhir 70an,b-boy menjadi suatu hal yang menarik perhatian media. Budaya Hip-Hop secara visual dikenal secara luas,melalui film “flashdance” dengan tarian breakdancenya, dalam garis miring “bukan dalam album rap.”

Di Jerman, tarian breakdance hadir terlebih dahulu, tentu saja sekaligus dengan musiknya, tapi pada saat itu tak seorang pun yang tertarik dari musik Rap. Banyak orang yang suka dengan tarian breakdance dan tarian itu menjadi sangat terkenal. Begitu kaula muda melihatnya, mreka pasti ingin meniru dan melakukannya.

Pernah ada pertunjukan tari yang menampilkan BACKSPIN dan BACKSLIDING. Gerakan yang tak pernah kulihat sebelumnya, membuatku tertegun melihatnya seakan kepalaku terpukul dengan kerasnya. Kami menonton film breakdance bukan untuk menonton kisah cinta atau alur critanya, tapi kami ingin melihat gerakan pada tarian jalannya. Ketika kita melihat orang melakukan gerakan yang extreme, seakan takdir berkata “ini untukmu” dan ada gejolak pada tubuhmu. Sangat personal dan emosional bagiku.
Pada tahun 80-an yang terjadi adalah brekadance di eksploitasi. Semuanya palsu!! Orang-orang dimasa itu tak mengerti apa arti breakdance sesungguhnya. Mereka takan pernah mengerti dan tak tau bahwa tarian Break dance lebih dari apa yang mereka lakukan, dan sekali lagi mreka tak akan pernah bisa mengerti. Sejak saat itu breakdance sangat buruk reputasinya, dan itu menjadi akhir dari breakdance. Dan sampai ada akhirnya ada salah satu comunitas yang bergerak untuk membangunkan atau mendirikan breakdance kembali dalam suatu EVENT yang sangat terkenal dengan nama….”BATTLE OF THE YEAR’S”.


 Lalu BOTY pertama kali dipertunjukan pada tahun 1990, karena pada saat itu breakdance bukan jamannya lagi. BOTY ingin menunjukan kepada publik bahwa breakdance masih ada dan banyak berubah. “Bagi kami breakdance bukan sebuah sekedar mode untuk mencari atau memanfaatkan sesuatu” kata salah satu pendiri BOTY. Pada awalnya respon breakdance sangat kecil, sekitar 500-600 penonton yang menghadiri pertunjukan BOTY. Tapi makin lama, kegiatan ini mulai dilirik dan dikenal oleh komunitas breakdance disemua manca negara. Dan semakin banyak pula komunitas disemua negara yang mengikuti kompetisi ini. Tujuannya adalah menunjukan bahwa tarian ini adalah budaya tingkat tinggi.
 Mereka suka dengan apa yang mereka lakukan, mereka sisihkan semua tenaga dan waktu 7 hari dalam seminggu untuk berlatih. .

0 komentar:

Poskan Komentar