China Sukses Luncurkan Laboratorium Antariksa

Label:

Laboratorium ini akan mengorbit bumi selama sebulan, lalu digandengkan dengan pesawat
 
Badan antariksa China dengan mulus meluncurkan laboratorium luar angkasa pertama mereka ke orbit bumi pada Kamis malam, 29 September 2011. Lab ini nantinya akan digabungkan dengan instalasi luar angkasa lainnya dalam beberapa tahun lagi.

Dilansir dari kantor berita Xinhua, lab nirawak bernama Tiangong-1 atau Istana Surga ini diluncurkan pada pukul 21.16 malam di wilayah gurun baratlaut China. Lab berbobot 8 ton dan memiliki panjang 10,5 meter ini diterbangkan menggunakan roket Long March-2FT1.

Tiangong-1 akan mengorbit bumi selama satu bulan dengan kecepatan 7,8 kilometer per detiknya. Selesai mengorbit, lab yang seluruh operasinya dikendalikan dari bumi ini akan menunggu kedatangan kapal luar angkasa nirawak Shenzhou-8.

Tidak seperti kendaraan antariksa buatan China lainnya, Tiangong-1 memiliki fasilitas penggandengan yang memungkinkannya bersatu dengan fasilitas lainnya di luar angkasa. Tiangong-1 dan Shenzhou 8 akan bergabung di luar angkasa, dikendalikan menggunakan teknologi Rusia.

Setelah fasilitas ini bergabung, dua tahun lagi dijadwalkan akan diluncurkan pesawat luar angkasa Shenzhou 9 dan Shenzhou 10, yang akan membawa astronot wanita China. Kedua pesawat ini juga akan bergabung dengan dua instalasi sebelumnya. Jika penggandengan ini berhasil, maka China akan menjadi negara ketiga di dunia yang sukses melakukan operasi ini, setelah Amerika Serikat dan Rusia.

Tahap Kedua

Program lab luar angkasa ini adalah tahap kedua dari tiga tahap ambisi teknologi luar angkasa China. Tahap pertama adalah sistem kapsul Shenzhou pada tahun 2003. Saat ini, China tengah mengembangkan teknologi yang memungkinkan astronot berjalan di udara. Tahap terakhir dari program ini adalah pembangunan stasiun luar angkasa.

China menargetkan pembangunan stasiun luar angkasa seberat 60 ton. Stasiun China ini jauh lebih ringan dibandingkan stasiun luar angkasa internasional yang dioperasikan AS, Rusia, Eropa, Kanada dan Jepang, yang berbobot 400 ton.

Situs jejaring yg sering kita gunakan

Label:

Banyak sekali sekarang situs jejaring yang udah familiar di telinga kita, dan tidak sedikit yang sudah mempunyai acount pada beberapa situs jejaring tersebut. antara lain Facebook, Friendster, Myspace, twitter dan masih banyak lagi. Berikut sedikit penjelasan tentang situs jejaring tersebut :


Facebook
Tipe Perusahaan swasta
Didirikan Cambridge, Massachusetts
(4 Februari 2004)
Letak Palo Alto, California
Tokoh penting * Pendiri, CEO dan Presiden: Mark Zuckerberg
* Pendiri dan Wakil Presiden Teknis: Dustin Moskovitz
* COO: Owen Van Natta
* Wakil Presiden Strategi dan Operasi Bisnis: Matt Cohler
* Pendiri: Chris Hughes
Industri Internet
Pendapatan 300 juta USD[1] (perkiraan 2008)
Karyawan 700 (November 2008)
Situs www.facebook.com

Facebook atau disingkat FB adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang Mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School.

Pada awal masa berdirinya situs web jejaring sosial ini, keanggotaannya masih dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.

Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook.[2] Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah, tempat kerja, atau wilayah geografis.

Hingga Juli 2007, facebook memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia.[3] Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi,[4] dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.[5][6]

Fitur hiburan dalam Facebook disebut aplikasi. Contohnya antara lain permainan video, kuis, dan lain sebagainya.

Friendster

URL www.friendster.com
Komersial? Ya
Tipe situs Situs jejaring sosial
Pendaftaran? Diperlukan
Bahasa: Inggris
Indonesia
Tagalog
Melayu Malaysia
Vietnam
Thai
Mandarin
Korea
Jepang
Spanyol
Pemilik Friendster Inc.
Pencipta Tim Friendster
Diluncurkan 22 Maret 2002
Status Aktif

Friendster, yang ide penamaannya berasal dari nama Napster, adalah sebuah situs web jejaring sosial yang memberikan fasilitas untuk membuat profil dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan akun di Friendster. Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain melihat teman kita sendiri.

Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta test. Sejak awal 2005, Friendster juga telah memulai fitur blog.

Saat ini Friendster telah menginternasionalisasi bahasanya yang semula hanya bahasa Inggris, saat ini telah tersedia bahasa Indonesia, bahasa Tionghoa, bahasa Spanyol, bahasa Korea, bahasa Jepang, bahasa Vietnam, bahasa Malaysia.

Sejak Desember 2009 MOL Malaysia telah membeli Friendster seharga AS$ 100 juta.

Situs ini merupakan situs jejaring sosial pertama di internet yang memiliki basis awal di negara-negara berbahasa Inggris, lalu menyebar hingga ke Asia. Posisinya di Amerika Serikat dan tidak lama kemudian digantikan dengan MySpace dan kemudian Facebook dan LinkedIn, namun situs ini masih memiliki basis massa di Asia.

MySpace
URL www.myspace.com
Komersial? Ya
Tipe situs Layanan jaringan sosial
Pendaftaran? Dibutuhkan untuk berbagai fasilitas
Bahasa: Multibahasa (semula hanya berbahasa Inggris)
Pemilik News Corporation
Pencipta Thomas Anderson
Christopher DeWolfe
Diluncurkan 2003
Status Aktif

MySpace adalah situs web jejaring sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik, dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. MySpace adalah tempat untuk mempromosikan band baru. Markas situs ini terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat.

Twitter
 Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Twitter
URL Twitter.com
Komersial? Ya
Tipe situs Mikroblog
Pendaftaran? Diperlukan
Pemilik Twitter, Inc.
Pencipta Obvious, LLC[1]
Diluncurkan 13 Juli 2006

Twitter adalah sebuah situs mikroblog dan situs web jejaring sosial yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan “pembaharuan” berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp. Kata twitter secara harfiah berarti ‘berkicau’.Situs ini mempunyai konsep blog mikro dalam penggunaannya.Di Indonesia situs jejaring sosial ini mempunyai pengguna aktif yang cukup banyak.

Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara atau menggabungkan dengan layanan lainnya. Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter

Beberapa istilah yang dipergunakan di Twitter:
*Tweet – sesuatu yang ditulis di status Twitter
*@ – penanda yang ditulis didepan nama pengguna lain agar tweet yang dimasukkan diterima oleh pengguna tersebut
*Reply – balasan
*Following – pengguna lain yang tweet nya akan selalu diterima
*Follower – pengguna lain yang akan selalu menerima tweet
*ReTweet (RT)
*Direct Messages – pesan personal
*Favorites – menyimpan tweet tertentu yang diinginkan
*Hash Tags (#) – penanda yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga
*Trending Topics – topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan
*OverHeard (OH) – penulisan tweet milik orang lain pada status tanpa ingin mencantumkan siapa yang menuliskannya, OH ditulis di *depan tweet yang ingin dimasukkan
*HeardTrough (HT) – penulisan tweet berdasarkan sesuatu yang didengar dalam kehidupan nyata, HT ditulis di depan tweet yang *ingin dimasukkan di sana

Plurk
Cuplikan gambar garis waktu Plurk
URL Plurk.com
Komersial? Ya
Tipe situs Mikroblog
Pendaftaran? Perlu
Bahasa: Multilingual
Pemilik Plurk, Inc.
Pencipta The A-team
Diluncurkan 12 Mei 2008]

Plurk adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog gratis yang mengizinkan pengguna mengirim pembaruan (dikenal sebagai suatu plurk) melalui antarmuka web, pesan singkat, atau cara lain, dengan panjang maksimum 140 karakter. Pembaruan ini akan ditampilkan pada halaman web pengguna menggunakan garis waktu yang menampilkan semua pembaruan yang diterima dengan urutan kronologis, dan selanjutnya disampaikan ke pengguna lain yang masuk. Pengguna dapat menanggapi pembaruan pengguna lain dari garis waktu mereka melalui situs web Plurk.com, pengirim pesan instan, atau pesan singkat.
[sunting]
Arti kata

Penamaan kata Plurk dalam layanan ini didefinisikan sebagai:

Kata Benda. plurk (plüer-kh) – adalah website nyaman yang memperbolehkan anda untuk menunjukkan peristiwa yang membuat hidup anda bagaikan daging yang enak dan gampang untuk dicerna. Rendah lemak, 5 kalori pada setiap pelayanannya, mempunyai manfaat yang banyak.[rujukan?]

Kata Kerja. plurk (plüer-kh) – Untuk mencatat segala peristiwa yang anda lakukan, kumpulan tindakan, buku cerita, pesona hidup.[rujukan?]

Plurk dirancang untuk untuk menyajikan aktivitas penggunanya berdasarkan jam dan waktu (timeline), sehingga setiap penggunanya dapat menceritakan kegiatan yang sedang dilakukan agar bisa diketahui oleh orang yang lain.

Salah satu kelebihan dari Plurk ini adalah kemampuannya untuk menyajikan aktivitas penggunanya berdasarkan jam dan waktu (timeline), sehingga setiap penggunanya dapat menceritakan kegiatan yang sedang ia lakukan saat itu. Pengguna juga dapat melihat aktivitas orang lain berdasarkan timeline tersebut. Setiap pengguna dapat memberikan tanggapan atas postingan dari Plurker lainnya. Dalam komunitas Plurk dikenal sebuah status yang disebut “karma”, yaitu suatu penilaian tertentu terhadap aktivitas anggotanya. Semakin tinggi poin karma seorang pengguna, maka semakin banyak pula fasilitas yang akan ia diperoleh. Sistem inilah yang mendorong para Pluker untuk terus aktif di Plurk.

Dalam Plurk, karma seorang pengguna akan naik berdasarkan pada:
Jumlah postingan ke Plurk.
Jumlah tanggapan diberikan terhadap pengguna Plurk lainnya.
Jumlah teman di ajak bergabung dengan Plurk
Jumlah pengguna yang mengajak pengguna menjadi teman.

Konsep lain yang menarik dari Plurk ini adalah penggunaan teknologi AJAX dalam membuat websitenya. AJAX adalah singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML. Sebuah AJAX terdiri atas dua komponen utama, yaitu Javascript dan XML. Perpaduan teknologi diatas dapat meningkatkan kinerja aplikasi web yang lebih responsif terhadap aksi pengguna. Dengan AJAX pertukaran data antara klien dan server lebih ringan karena hanya data yang dipertukarkan, bukan halaman website secara keseluruhan sehingga aplikasi web dapat berjalan lebih cepat. Kelebihan utama dari AJAX ini adalah mampu membuat permintaan kepada Server tanpa memuat kembali (reload) halaman.

Selain konsep diatas, Plurk juga menyediakan jaringan pertemanan atau social networking, sehingga melalui Plurk, pengguna dapat mencari dan mengajak pengguna lain menjadi temannya ataupun sebaliknya.

Jika dalam konsep blog yang umum, pengguna dapat memposting artikel dalam kalimat-kalimat yang panjang yang membutuhkan waktu untuk membuatnya, maka dengan Plurk, aspirasi, uneg-uneg, atau apapun kondisi emosi dari pengguna bisa ia tampilkan saat itu dalam bentuk beberapa kata. Proses pengiriman datanya begitu cepat dan akan begitu cepat direspon dari Plurker lainnya.

Untuk saat ini Plurk sudah mendukung bahasa Indonesia, sehingga memudahkan bagi para pengguna berbahasa Indonesia untuk menggunakan layanan Plurk.

Selain beberapa web d atas masih ada lagi yang mulai beranjak meningkat ke atas namun kurang begitu populer, seperti fromspring.

Di Indonesia sendiri ada beberapa situs jejaring yang sudah d buat dan mempunyai lumayan banyak USER seperti KLface (coba buka dari kapanlagi.com) dan bergaul.com.

semakin banyak situs jejaring, semakin memudahkan kita mendapat teman, kerabat maupun relasi kita tanpa harus kemana mana, namun masih ada oknum2 yang tidak bertanggung jawab dan memanfaatkan situs jejaring tersebut untuk hal yang kurang baik dengan membuat account palsu.

BAHAYA! Mandi Air Panas Bisa Bikin Gagal Jantung

Label: ,

INILAH.COM, Tokyo - Berendam di air panas saat cuaca dingin memang nyaman. Berdasar studi terbaru, kebiasaan ini bisa berujung fatal. Gagal jantung mengintai pemilik kebiasaan ini.

Studi tim peneliti yang dipimpim Chika Nishiyama dari Kyoto Prefectural University of Medicine School of Nursing ini mengungkapkan, kasus gagal jantung saat mandi meningkat 10 kali lipat di musim dingin dibandingkan musim panas.

Fakta ini penting bagi masyarakat Jepang, mengingat sebagian besar penduduknya senang mandi air panas selama berjam-jam guna menenangkan diri setelah sibuk beraktifitas.

Di Jepang, banyak orang berlama-lama mandi air panas karena rumah tradisional Jepang tak tertutup dengan baik layaknya rumah di Barat. "Selain itu, alat pemanas yang ada jarang digunakan," papar Nishiyama. Seperti dikutip Straits Times.

Nishiyama dan tim menggunakan data 11.000 kasus gagal jantung 2005-2007 di prefektur Osaka barat sebagai dasar studi. Berdasarkan data itu, 22% kasus terjadi dalam keadaan tidur dan 9% saat sedang mandi. Sekitar 3% mengalami gagal jantung saat beraktivitas kerja dan 0,5% saat sedang berolahraga.Diketahui, sebanyak 54 kasus gagal jantung pada 10 juta orang terjadi saat sedang berendam. Kemudian, 10 kasus dari 10 juta orang terjadi saat berolahraga.

http://id.berita.yahoo.com/bahaya-mandi-air-panas-bisa-bikin-gagal-jantung-001100706.html

Pendiri Twitter Terpintar di Online-Payment

Label:



Pendiri Twitter Jack Dorsey jadi terpintar berkat perusahaan start up di pembayaran online

Tahun lalu, Fortune telah memilih 50 orang terpintar di industri teknologi. Salah satu yang masuk dalam jajaran itu adalah pendiri jejaring sosial Twitter, Jack Dorsey. Saat itu, Dorsey dinilai berhasil membangun Twitter sebagai jejaring sosial yang menjadi tren baru. Salah satunya berkat fitur mention (@), yang menjadikan Twitter lebih interaktif untuk penggunanya.

Tahun ini, Fortune pun kembali menempatkan Jack Dorsey sebagai orang terpintar di industri teknologi, tapi bukan karena Twitter. Hebatnya, Dorsey terpilih sebagai orang terpintar di bidang pembayaran online (online-payment), berkat perusahaan start up yang baru dibuatnya: Square.

Square merupakan aplikasi di smartphone yang memungkinkan penggunanya untuk membayar hanya dengan memberitahukan nama kepada kasir toko. Namun, dalam pertama kali penggunaan, pengguna Square harus mensinkronkan data dari aplikasi Square di smartphone-nya dengan sistem komputer di toko, melalui plastik kecil berbentuk segi empat (square) yang berisi chip data.

Dorsey mendirikan Square tahun 2009. Seperti dikutip dari CNNMOney, saat ini perusahaan start-up Dorsey meraih US$3 juta transaksi setiap hari. Adapun pemasukan tahun ini diperkirakan sekitar US$30 juta.

Lebih dari bisnis kecil juga tercatat menjadi pengguna jasa Square. Baru-baru ini, Square juga mendapatkan tambahan modal US$100 juta. Ini menyebabkan nilai perusahaan berlipat menjadi US$1 milyar.

Fortune menilai Dorsey menjadi elemen penting keberhasilan Square. Walau menjabat Executive Chairman di Twitter, Dorsey meluangkan setidaknya 8 jam per hari untuk mengelola Square sebagai CEO. Sedangkan, 8 jam lain dihabiskan untuk mengembangkan Twitter.

"Banyak orang punya jawaban rumit untuk pertanyaan sulit. Namun Jack luar biasa. Dia mampu mengurangi kerumitan, termasuk serangkaian fitur yang rumit, menjadi solusi yang elegan dan sederhana yang bekerja dengan baik," kata Chief Operating Officer Square, Keith Rabois.
 

Info Beyonce Hamil Pecahkan Rekor Twitter

Label:

Tweeps (pengguna Twitter) mem-posting 8.868 tweets/detik sejak kehamilan Beyonce diumumkan

Pengumuman hamilnya penyanyi Beyonce Knowles saat MTV Video Music Awards beberapa waktu lalu memang mengejutkan publik, termasuk netizen (pengguna internet). Bahkan, kehamilan yang langsung diumumkan Beyonce ini memecahkan rekor Twitter.

Seperti dikutip stasiun berita BBC, tweeps (pengguna Twitter) mem-posting 8.868 tweets per detik, saat penyanyi yang menikah diam-diam dengan rapper Jay-Z ini mengumumkan kehamilannya di karpet merah.

Melalui twitter, MTV pun mengumumkan kehamilan Beyonce, dengan men-tweet: "OMG Beyonce just made a huge announcement on the #vma carpet! #baby!!!!"

Ini merupakan anak pertama Beyonce, yang saat ini berusia 29 tahun.

Tak hanya itu, acara MTV Video Music Awards juga menjadi rekor penonton terbesar MTV, sejak pertama diluncurkan, dengan 12,4 juta penonton. Stasiun televisi yang khusus menayangkan acara yang berhubungan dengan musik ini pertama kali diluncurkan 1 Agustus 1981.

Rekor sebelumnya tercipta saat tim nasional Jepang menjuarai Piala Dunia Sepakbola Perempuan, Juli lalu. Saat itu, Jepang mengalahkan Amerika Serikat.

Selain itu, kekalahan Brazil dari Paraguay di ajang Copa America juga pernah menjadi rekor Twitter. Saat itu, tercatat ada 7.166 tweets per detik.

Tak hanya musik dan sepakbola, kematian Osama bin Laden dan gempa-tsunami di Jepang juga pernah menciptakan rekor Twitter.

Bulan Juni lalu, Twitter mengumumkan bahwa ada lebih dari 200 juta tweet yang diposting setiap hari. Jumlah ini meningkat pesat dari 65 juta tweets per hari pada tahun lalu.

Twitter Tembus 100 Juta Pengguna Aktif

Label:

Meski mengalami lonjakan luar biasa, Twitter masih punya banyak potensi untuk tumbuh.

Situs microblogging Twitter kini telah memiliki 100 juta pengguna aktif. Angka tersebut sangat menarik mengingat awal tahun ini jumlahnya baru separuh dari itu.

Pada sebuah jumpa pers di kantor pusat mereka, Dick Costolo, Chief Executive Twitter tidak menyebutkan apa saja komponen di dalam pengguna aktif bulanan tersebut, namun menyatakan, lebih dari 50 juta di antaranya login ke akun Twitter mereka setiap hari.

Seperti diketahui, banyak akun Twitter yang merupakan akun robot terotomatisasi, bukan dioperasikan secara manual oleh manusia. Meski demikian, Costolo yakin ia akan mampu meraih 26 juta pengguna aktif berikutnya hingga awal 2012 mendatang.

Sejauh ini, dikutip dari TG Daily, 9 September 2011, Twitter melaporkan bahwa penggunanya mengirimkan hampir 9 ribu tweet per detik. Lonjakan ini khususnya terjadi setelah kasus kehamilan penyanyi Beyonce.

Tentunya, masih banyak orang yang tidak punya akun Twitter. Tetapi tidak sedikit yang rajin mengunjungi Twitter untuk mengetahui apa yang tengah dibicarakan orang lain. Menurut Costolo, saat ini terdapat 400 juta pengunjung unik ke situsnya.

Disebutkan, saat ini situs mikro blogging itu tengah mempersiapkan pengembangan termasuk kemudahan untuk membagikan foto dan lokasi. Ia juga kini menjadi layanan yang sangat penting bagi perusahaan di sektor pemerintah ataupun swasta karena menjadi pelengkap layanan pelanggan bagi banyak perusahaan. Twitter juga telah menjadi kanal dialog resmi antara politisi ataupun agen pemerintahan dengan masyarakat.

Tampaknya, meski mengalami lonjakan luar biasa, Twitter masih punya banyak potensi untuk tumbuh.

Ambisi Saingi iPad, Microsoft Dekati Samsung

Label:

Microsoft dikabarkan akan memasang sistem operasi Windows 8 di tablet produksi Samsung.

Microsoft dikabarkan sedang mempersiapkan komputer tablet dan sudah menandatangani kesepakatan dengan perusahaan Korea Selatan yang memproduksi tablet Galaxy Tab, Samsung. Menurut Korea Economic Daily, kolaborasi Microsoft-Samsung akan diumumkan di konferensi yang diadakan Microsoft di California, Amerika Serikat, pekan depan.

Mengutip seorang sumber dari perusahaan pembuat komponen smartphone, media itu mengatakan komputer tablet produksi Samsung akan menggunakan sistem operasi Windows 8.

"Produk baru buatan Samsung ini akan menjadi kolaborasi perdana yang menggunakan Microsoft dalam perangkatnya," kata sumber itu. Namun hingga saat ini baik Microsoft dan Samsung belum mengklarifikasi secara resmi kabar ini.

Sebelumnya, Microsoft sudah meluncurkan Windows 8. Menurut laman The Telegraph, sebuah dokumen yang bocor bahkan menyatakan Windows 8 disarankan meluncurkan juga versi tablet.

Strategi Microsoft ini berbeda dengan yang dilakukan Apple. Saat ini Apple memang menggunakan sistem operasi iOS untuk tablet dan smartphone. Sedangkan untuk perangkat desktop, Apple menggunakan sistem operasi OSX.

Microsoft disebut sudah lama berusaha menyaingi dominasi Apple, yang dengan produk iPad berhasil merajai pasar tablet. Saat ini, tablet berbasis Android pun belum bisa meladeni kedigdayaan iPad.

Saat ini, Samsung dikenal sebagai salah satu produk yang sukses karena menggunakan sistem operasi Android. Namun, Samsung mengalami kendala dalam menyaingi Apple karena kalah dalam sejumlah perkara hukum yang diajukan Apple di pengadilan.

Apple menuduh Samsung meniru iPhone dan iPad di sejumlah tipe Galaxy yang mereka kembangkan. Buntutnya, pengadilan di Jerman dan Belanda melarang peredaran Galaxy S dan Galaxy Tab di beberapa negara Eropa.

Saat ini memang belum diketahui, apakah Samsung akan mengeluarkan varian tablet selain Galaxy Tab, yang akan menggunakan sistem operasi Windows 8. Namun, aliasi Samsung-Microsoft ini tentu perlu diperhitungkan Apple, jika masih ingin menguasai pasar tablet. (eh)

Cara Telkomsel Cegah Penyedia Konten Ilega

Label:

Upaya pencegahan 'pencurian' pulsa oleh layanan penyedia konten dilakukan sejak awal.
Aksi sejumlah layanan penyedia konten yang memotong pulsa tanpa keinginan pelanggan dikeluhkan sebagian besar pelanggan seluler di Indonesia. Karena dilakukan sepihak, layanan penyedia konten semacam itu dinilai melakukan 'pencurian' pulsa.

Provider seluler Telkomsel pun mengaku memiliki kebijakan internal untuk mencegah pemotongan pulsa tanpa sepengetahuan pelanggan. Menurut Telkomsel, upaya pencegahan ini sudah dimulai sejak pemilihan mitra content provider yang menawarkan layanan konten tertentu.

"Telkomsel mensyaratkan content provider harus dapat menyajikan informasi perihal layanan kontennya secara transparan dan jelas kepada pelanggan," kata General Manager Corporate Communications Telkomsel Ricardo Indra, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews.com, Kamis malam, 8 September 2011.

"Telkomsel juga membuat kebijakan kepada content provider untuk membuat mekanisme yang memudahkan pelanggan melakukan mekanisme UNREG. Bahkan pelanggan diharuskan lebih mudah melakukan UNREG ketimbang melakukan REG," lanjutnya.

Selain itu, Indra menambahkan, Telkomsel melakukan kontrol kualitas terhadap layanan penyedia konten yang dikeluhkan pelanggan. Telkomsel juga akan memberikan sanksi jika terbukti ada unsur kelalaian yang disebabkan layanan penyedia konten.

Telkomsel pun menyarankan masyarakat yang ingin berlangganan konten tertentu untuk terlebih dahulu mencari informasi. Baik itu melalui Telkomsel atau di internet.

Jika, ada pelanggan yang ingin mengeluh layanan penyedia konten, pelanggan bisa menghubungi layanan servis pelanggan Telkomsel. Baik itu melalui call center 111 untuk pelanggan Kartu Halo atau 116 untuk pelanggan simPATI dan Kartu As. Pelanggan pun bisa mendatangi gerai Grapari untuk mengeluh secara langsung.

XL: Banyak Faktor Penyebab 'Pencurian' Pulsa

Label:

Pelanggan bisa saja kurang memahami mekanisme yang ditawarkan dalam layanan tersebut.

Pelanggan seluler di Indonesia banyak yang mengeluh pemotongan pulsa secara sepihak oleh penyedia layanan konten. Aksi ini dinilai sebagai pencurian pulsa, karena pelanggan tidak pernah merasa registrasi layanan konten yang memotong pulsanya,

Menanggapi berbagai keluhan soal itu, operator seluler XL Axiata menilai banyak faktor terjadinya 'pencurian' pulsa. Baik itu dari sisi pelanggan, penyedia layanan konten atau mungkin perangkat seluler.

“Ada banyak faktor, bisa ekternal atau internal,” kata General Manager Corporate Communication XL Axiata, Febriati Nadira, saat dihubungi VIVAnews.com, Kamis malam, 8 September 2011.

Dari sisi internal, menurut Ira, pelanggan bisa saja kurang memahami mekanisme yang ditawarkan dalam layanan tersebut. Ini menyebabkan pelanggan merasa dirugikan dengan terpotongnya pulsa, sedangkan pelanggan tidak menginginkan konten itu.

Sedangkan dari sisi eksternal, 'pencurian' pulsa ini bisa diakibatkan karena salah setting pada perangkat selulernya. Untuk itu ia meminta kepada pelanggan XL agar mengadukan semua keluhan layanan. “Kami sudah menyediakan semua channel, 24 jam untuk menampung keluhan,” ujarnya.

Menurut Ira, keluhan bisa disampaikan dengan datang langsung ke gerai XL terdekat, email, menelpon call centre, layanan *123#, hingga melalui akun twitter @xl123 dan grup facebook di xlrame. "XL sangat terbuka dengan keluhan dari pelanggan. Kami transparan kok,” kata Ira.

XL, kata Ira, tidak akan melakukan penipuan kepada pelanggan, karena semua program layanan sudah berpedoman pada regulasi yang ada. “Semua informasi layanan sudah detail dan palanggan juga setuju,” katanya.

Jika permasalahan ada pada pihak ketiga atau penyedia layanan konten, maka menurut Ira, selama ini XL telah menjalin kerjasama dengan penyedia layanan konten yang berkualifikasi baik.

Inilah Sepatu Masa Depan Ala Nike

Label: , ,

Sepatu yang ada di film "Back To The Future II" ini dilelang di situs eBay.

Masih ingat trilogi film "Back To The Future"? Film fiksi ilmiah tahun 80-an yang dibintangi Michael J. Fox ini menjadi salah satu film yang paling ikonik dalam menggambarkan masa depan.

Perusahaan pembuat sepatu Nike, kemudian berusaha mewujudkan sepatu masa depan yang digunakan Marty McFly Jr. dalam film "Back To The Future II", Nike Mag. Seperti dikutip dari TechCrunch, Sepatu Nike Mag ini akan dilelang di situs lelang online, eBay.

Tak seperti filmnya, tali sepatu ini tidak bisa dikencangkan secara otomatis saat kaki sudah masuk ke dalam sepatu. Tapi, Nike sudah mempatenkan tali otomatis pada 2010 silam.

Sepatu Nike Mag ini hanya akan diproduksi sebanyak 1.500 pasang, yang akan meningkat sesuai permintaan. Rencananya, keuntungan dari penjualan sepatu ini akan disumbangkan untuk Yayasan Riset Penyakit Parkinson yang dimiliki Michael J. Fox.

Awalnya, keberadaan Nike Mag diketahui dari wawancara EA Sports dengan Tinker Hatfield, salah satu desainer terkemuka yang dimiliki Nike yang merancang Nike Air Jordan. Saat itu, Hatfield diwawancarai mengenai masa depan yang dimiliki Nike, salah satunya dengan merealisasikan sepatu yang ada di film "Back To The Future II" itu. Hetfield pun memperlihatkan wujud Nike Mag yang sudah dibuat oleh Nike.


Nike juga sudah membuat sejumlah iklan televisi untuk produk Nike Mag. Salah satu iklan bahkan menghadirkan Doctor Emmet Brown, karakter yang dimainkan Christopher Lloyd di film "Back To The Future".

Dalam iklan Nike Mag, Doc Brown digambarkan 'nyasar' di tahun 2011 karena seorang pegawai Nike memperlihatkan sepatu Nike Mag kepada seorang pelanggan. Ketika itu, Doc Brown ingin menuju tahun 2015, saat sepatu di film "Back To The Future" diluncurkan. Dalam film, Doc Brown dan Marty McFly memang menemui anak Marty, Marty McFly Jr, di tahun 2015 untuk menyelamatkan kehidupan Marty di masa depan.